Monday 7 May 2007

HET NATIONALE BALLET - Amsterdam




Menampilkan empat choreography yang menunjukkan keragaman serta kemampuan tehnik dari ‘ballet company’ Belanda.

‘DUETS’, karya Merce Cunningham dengan music John Cage – Improvisations no 3, menghadirkan suatu ragam ‘pas de deux’ yang segar sebagai tarian pembuka. ‘Simplicity’ dalam concept, ‘wealth’ dalam gerak dan ‘perfect’ dalam eksekusi gerak memperlihatkan ‘maturity’ sebuah koreography.

‘KAMMERBALLET’, karya Hans van Manen menciptakan dimensi tari lain dengan ‘plot’ yang tersusun akurat membangun suatu ‘narasi’ yang apik. Dengan bantuan bangku kecil serta design ‘lighting’ yang ‘pas’, tarian ini sempurna mengolah element gerak dengan element theatrical nya.

‘SINCE’ ditarikan oleh 8 penari yang terasa ‘sepi’ dalam panggung yang luas. Panggung dibagi menjadi 2 bagian yang terpisah dengan layar transparent putih. Kandungan gerak yang ‘fluid’ terasa ‘juicy’ dalam komposisi yang tak beraturan. Karya ini diciptakan oleh Annabella Lopez Ochoa.

‘HALLELUJAH JUNCTION’ menjadi tarian penutup, diciptakan oleh Ted Bransen dan ditarikan oleh 20 penari. Suatu ‘finale’ yang tak mencapai ‘klimax’, dimana ensamble banyak mengulang ‘phrase gerak’ sehingga terasa kurang materi gerak dalam suatu visual dan audio stimuli demi mencapai ‘2 senses of orgasm’. Music John Adams yang ditampilkan oleh 2 pianists tidak serasi untuk menghadirkan gejolak dalam suatu perayaan. ‘Big casts’ tidak berarti mudah menciptakan ‘big impact’

Amsterdam, 6 April 2007

No comments: