Sunday 6 May 2007

HOFESH SHECHTER - uprising & in your rooms




Choreographer muda yang penuh dengan energi, menghentak ‘queen elizabeth hall’ dengan ‘UPRISING’ dan ‘IN YOUR ROOM’, London 4 May 2007.

Perkusi menjadi media penting bagi kedua koreography ini. Music yang juga diciptakan oleh sang koreographer menjadi nyawa bagi karya tarinya. Hentakan musik percusi dan iringan biola menjadi modal utama yang memberi aura dan suasana ‘keras’ dan ‘masculine’. Walaupun 4 penari perempuan tampil di ‘in your room’, dominasi lelaki tetap menonjol, terutama dari gerak yang patah dan tajam.

UPRISING ditarikan oleh 7 pria yang manari dan berputar dengan bantuan cahaya yang minimalis dan dramatis, menimbulkan kesan yang sangat ‘fragmented’. 5 lingkaran cahaya dengan ‘smoke’ effect memberikan ruang gerak yang ambigu walaupun gerak digunakan dengan cermat dan artikulatif.

Gerakan yang terangkai kuat dalam koreography nan cermat, menampilkan gerakan solo, duet, trio, dan ensamble. 7 lelaki yang berjalan mantap dan berhenti tepat di garis depan panggung menciptakan kesan awal yang sangat kuat. Dan kesan itu kembali tampil dan ditutup dengan formasi tumpukan penari membawa satu bendera merah. Narative yang dibangun melalui gerak dan music meraih suatu ‘conclusion’ diakhir tarian.

IN YOUR ROOMS memberikan kesan serupa dengan musik dan lighting yang senada. 4 penari wanita dan 5 penari pria menguasai panggung dengan tehnik gerak dan 'vocab' yang serupa dengan tarian pertama. Kehadiran wanita tak menciptakan nuansa yang berarti, hanya ada sedikit kelembutan ketika mereka berpasangan dan berpelukan. Bantuan kata kata diawal dan pertengahan tari mencoba menuntun penonton pada suatu ‘cerita’ di tarian ini.

‘Don’t follow leaders, Follow me’ yang terpampang semacam 'pamflet' dan dipegang oleh satu penari hampir diakhir tarian membuat suatu ‘conclusion’ yang mirip dengan tarian pertama walaupun ditampilkan dengan cara yang berbeda. Apakah pesan itu mewakili tarian?...dan apakah pesan diperlukan dalam suatu koreography?. Yang pasti, Shechter tampil cerdik dan cermat dalam gerak dan musik. ‘Choreographically’ well done!.


London, 5 may 07

No comments: