Friday 11 May 2007

NDT2



DANCE is a Mystery!!

Tampil memukau dengan tehnik ‘prima’, NDT2 menampilkan mahakarya dari Jiri Kylian, Ohad Naharin dan Lighfoot Leon di Sadler's Well, London.

Karya tari menjadi suatu misteri yang melebihi kata dan gambar. Suatu bentuk seni yang ‘reflect into humanity’, menjadikannya suatu misteri yang menjadi ‘daya khayal’ seniman dalam berkarya.

NDT2 menampilkan keindahan misteri tari dengan sangat sempurna. Perpaduan tehnik gerak dan intepretasi yang memukau membuat tari ‘berbicara’ dengan multi dimensi .

Jiri Kylian, dengan karyanya SLEEPLESS diiringi ‘new composition’ musik oleh Dirk Haubrich berdasarkan W.A Mozart, Adagio in C minor ditarikan oleh 6 penari. Adegan awal dan akhir yang serupa menjadikannya suatu ‘perputaran’ abadi mengenai insomnia dan mimpi. Dengan ruangan yang dibagi dua melalui layar elastis, perpindahan penari dari ‘visible’ menuju ‘invisible’ memberi kesan misteri dari ‘sleepless’.

Dengan 15 penari, Ohad Naharin menampilkan excerpts dari beberapa karyanya: Mabul, Virus, Black Milk dan Telophaza dan diberi judul SPIT. Satu baris penari dengan costume berwarna kulit dan hitam bergerak secara ‘mechanic’ membuka tarian dan diikuti dengan duet serta adegan ‘ritual’ lima penari pria dengan iringan music folklore dari Arab, Isreal, Greece dan Vivaldi. Koreography ini diakhiri dengan ‘confession’ seorang penari menggunakan spoken text dan bergerak seolah ‘sign language'.

SLEIGHT OF HAND menampilkan 8 penari yang menari dengan berbagai character yang berbeda. Sepasang penari menjadi sosok raksasa didepan pintu gerbang tempat keluar masuk penari dari belakang dan depan panggung. Seorang penari pria menjadi tokoh utama didampingi oleh sepasang dan 3 penari lelaki berpakaian jubah hitam. Gerak yg dinamis diiringi music dari Phillip Glass menciptakan suasana yg gelap penuh dengan mystery.

Sadler’s Wells, 9 May 2007

No comments: