Monday 7 May 2007

OCEAN – Merce Cunningham and John Cage





beautiful by any definition’, ditulis oleh New York Times.

Panggung yg ‘rounded’ di ROUNDHOUSE, Camden Town - London diisi oleh penari Merce Cunningham Dance Company selama 4 hari untuk pembukaan ‘dance umbrella’ 2006 (21 – 24 Sept 2006).

Gerakan yang jelas dengan tehnik ‘Cunningham’ tersaji, menampilkan ‘gesture’ secara random sehingga menjadi sebuah komposisi tarian yang diberi judul ‘Ocean’.

14 penari keluar masuk panggung yang melingkar, dengan penonton disekeliling mereka. Dan pada beberapa sisi terdapat ‘digital watch’ yang terasa memandu jalannya pertunjukan. Pemain musik yang berjumlah 150 orang dari Guildhall School of Music and Drama mengisi lingkaran terakhir dibelakang penonton. Musik karya John Cage terdengar menyerupai ‘soundscape’ dan tak beraturan sumber bunyinya.

Cunningham claims that his dances express nothing but themselves, that instead of telling a story they focus on the physical facts of the body – what arms and leg, torso, and head can do in relation to gravity, time and space’ (Foster, 1986: p.32).

Dari pertunjukan ini, timbul banyak pertanyaan: Jika misi choreographer untuk menampilkan ‘tubuh yang menari/bergerak’ atau ‘drafting the dance’, bagaimana cara pandang penonton terhadap koreography yang diberi judul ‘Ocean’?. Apakah ‘tarian’ dan 'judul' tidak saling terkait dan mengandung ‘makna’ dan 'intepretasi'?.
London, Sept 06

No comments: